top of page
  • Writer's pictureQeis Muhammad

Alien Design Consultant Mendesain Gedung BNI Pavilion di IKN: Inovatif, Modern dan Bernilai Sejarah

Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan BNI Pavilion di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) (29/2/2024) (Dok. RRI.co.id)


Ibu Kota Nusantara, 29 Februari 2024.


Presiden Joko Widodo telah secara resmi memulai pembangunan BNI Pavilion milik PT Bank BNI (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, pada hari Kamis, 29 Februari 2024.


Proyek yang merupakan hasil desain dari Alien Design Consultant ini berdiri di lahan seluas lebih dari 9.200 meter persegi di kawasan Mini Financial Center, sebuah kawasan khusus industri keuangan dan perbankan di Ibu Kota Nusantara.


Desain BNI Pavilion di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) (Gambar: Alien DC)


Presiden Jokowi dalam sambutannya di IKN, Kalimantan Timur, mengapresiasi kehadiran BNI di IKN yang membangun perbankan digital.


"Wilayah ini, kawasan ini nanti akan menjadi cluster industri keuangan, cluster perbankan. Dan saya senang bank BNI membangun digital banking di sini," kata Jokowi dalam sambutannya.


Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya keberadaan digital banking di IKN untuk mendorong masyarakat agar beralih kepada transformasi digital. Beliau juga menegaskan perlunya percepatan digitalisasi dalam semua aspek perbankan untuk mempermudah kepentingan masyarakat.


Desain BNI Pavilion di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) (Gambar: Alien DC)


Gedung BNI Pavilion ini mengusung konsep menyatu dengan alam, menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Desainnya merespons kontur tanah, sungai yang mengalir, dan vegetasi alami di sekitarnya. Hal ini sejalan dengan prinsip pembangunan IKN dan nilai-nilai Alien Design Consultant yang mengedepankan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan.


Menurut Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN, "Gedung BNI di Nusantara diharapkan menjadi titik awal terbentuknya ekosistem perbankan yang tidak hanya efisien, namun juga ramah lingkungan dan modern di kawasan tersebut."


Tahap I pembangunan proyek ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2026, mencakup digital branch dan ATM Drive Thru. Dengan langkah ini, Otorita IKN dan BNI memulai upaya menjawab kebutuhan layanan perbankan di Nusantara, serta mendukung visi pemerintah dalam menciptakan pusat pemerintahan yang modern dan berkelanjutan.


Desain BNI Pavilion di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) (Gambar: Alien DC)


Filosofi desain proyek ini berangkat dari corporate identity BNI, terutama bentuk logo yang ditransformasi. Dalam konsepnya, terdapat dua ide utama, yaitu "Inspired by History, Inspiring The Future" dan prinsip pembangunan IKN "Nagara Rimba Nusa". Filosofi dan konsep ini mencerminkan komitmen BNI untuk menggabungkan tradisi dengan inovasi dalam desain yang modern.


Desain proyek ini juga menekankan nilai-nilai hijau dan keberlanjutan, dengan penyelesaian fasad yang disesuaikan dengan konsep dan karakter desain ramah lingkungan. Fitur-fitur konsep hijau juga diterapkan pada area landscape secara keseluruhan, termasuk penggunaan solar panel, fasad kaca rendah emisivitas (Low-E), dan sistem pengumpulan air hujan.

Comentários


bottom of page